Waktu kerja dulu, saya pernah berada di posisi Junior Product Manager. Bagian Marketing, katanya, tapi kenyataannya tetap melakukan pekerjaan sales dengan target sama-sama value sekian rupiah dalam satu bulan. Saat itu saya benar-benar blank tapi di sisi lain saya bersyukur juga pernah menduduki posisi itu karena dari situlah saya belajar banyak dan semakin sadar bahwa saya belum ada apa-apanya, maka dari itu saya ambil S2.
Oke, mari berlanjut kepada mata kuliah saya yaitu marketing. Dosennya menarik sekali hingga kami bisa tertawa terpingkal-pingkal mendengar jokesnya. Pastinya, saya belajar bahwa marketing itu tidak hanya creating sales. Tapi lebih dalam dari itu, mulai dari creating value, communicating dan delivering value. Intinya adalah bagaimana value itu sampai kepada customer.
Nah, itu lah poin yang selama ini juga saya selalu bingung melihatnya. Saya tidak pernah memikirkan value produk yang saya jual apa ya, bagaimana membuat sebuah value dari produk? hal-hal tersebutlah yang luput dari kerjaan saya terdahulu.
Tapi ketika saya mendengar dan hadir dalam kuliah marketing, saya jadi berpikir bahwa 'wah marketing ternyata seru juga dan tidak melulu tentang target' tapi di sisi lain ada art nya, ada seninya untuk bisa menggaet customer.
Komentar