Langsung ke konten utama

NHW Matrikulasi IIP Batch 4 #4

Bismillah, tidak terasa sekarang sudah memasuki minggu ke 4 materi IIP (yeay)!

NHW 4 dengan tema "Mendidik dengan Fitrah", sejujurnya baru kali ini mendengar metode pendidikan anak dengan judul mendidik dengan fitrah. Walaupun beberapa waktu lalu sempat membaca suatu artikel di majalah Ummi tentang Homeschooling tapi kayaknya nggak kebaca deh part tentang mendidik dengan fitrah. 

Sekilas tentang materi minggu ini, cukup menarik dan pengetahuan sangat baru bagi saya yang memang masih awam dalam pendidikan anak. Berlandaskan bahwa tiap anak memiliki fitrahnya masing-masing, maka darisanalah kita mulai mendidiknya, intinya kita menguatkan apa yang memang menjadi fitrahnya. 

Nah, kali ini tugas NHW nya adalah kami diminta mereview kembali, melihat kembali NHW dari 1,2 dan 3 dan kemudian melihat bagaimana keberjalanannya selama ini serta menentukkan secara perlahan misi dan tujuan hidup serta milestone kita kedepannya sebagai Ibu Profesional.

-----------------------

Pada NHW #1 saya menuliskan ingin mengambil Jurusan Pendidikan pada Universitas Kehidupan, saya ingin mengambil peran sebagai pendidik seumur hidup saya kepada keluarga, teman dan lingkungan. 

Pada NHW #2 yaitu membuat checklist-checklist sebagai pribadi, istri dan ibu, namun karena saya belum menikah checklist sebagai pribadi yang baru dapat di follow-up, alhamdulillah beberapa minggu terakhir ini saya join sebuah group WA yang isinya saling mengingatkan dalam kebiasaan kebiasaan kecil sehari-hari, seperti sholat 5 waktu, tadarus, dhuha, al-matsurat dan capaian capaian harian lainnya. Alhamdulillah group itu membantu sekali dan membuat kita termotivasi untuk dapat mendapatkan checklist di semua poinnya.

Pada NHW #3 yang tidak saya post di blog ini, karena isinya merupakan sebuah surat cinta untuk Calon Imamku (yang memang sengaja saya buat rahasia hihihi), pada surat tersebut kami para calon ibu dan calon istri diajak untuk melihat mulai dari potensi diri, potensi keluarga, dan lingkungan tempat tinggal kita untuk dapat melihat jelas peran penting apakah kita kelak untuk sekeliling kita, kedepannya mungkin apakah peran penting keluarga kita dihadirkan di tengah tengah lingkungan kita yang sekarang, intinya kami diajak melihat tanda tanda dan maksud tersembunyi dari Sang Pencipta mengenai kehadiran kita di muka bumi ini.

Pada NHW #4 kali ini, kita akan semakin jelas menentukan :
Misi Hidup : Menebar manfaat dengan mendidik generasi yang akan juga bermanfaat untuk sekitar
Bidang : Pendidikan, Psikologi, dan Kesehatan 
Peran : Pendidik

Kemudian susunlah ilmu apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan misi tersebut :

  1. Ilmu Agama sebagai pondasi dari segala ilmu dan menjadi dasar untuk selalu ingat kepada siapa dan tujuan kita untuk apa
  2. Ilmu Manajemen sebagai ilmu untuk tidak tergesa-gesa dalam mendapatkan ilmu, mengatur semua satu per satu dan tidak menjadi maruk akan ilmu namun tidak diaplikasikan. Maka butuh manajemen untuk manajemen diri, waktu, dan manajemen pendidikan untuk anak-anak kelak
  3. Ilmu Psikologi sebagai ilmu untuk memahami manusia, karena setiap manusia akan berbeda 'treatment' nya sehingga perlu dipelajari terlebih dahulu bagaimana sifat manusia tersebut dan metode apa yang tepat
  4. Ilmu Pendidikan (seperti Fitrah Based Education atau tipe-tipe pendidikan lainnya)
  5. Ilmu Sharing (ingin menebar manfaat melalui media media tulisan maupun tatap muka)

Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan Anda menjalankan Misi Hidup

  • KM 0- KM 1 (tahun 1) : Mendalami ilmu agama sembari mencari partner hidup, dan sedikit kulit untuk setiap ilmu
  • KM 1- KM 2 (tahun 2) : Mendalami ilmu manajemen
  • KM 2- KM 3 (tahun 3) : Mendalami ilmu psikologi
  • KM 3- KM 4 (tahun 4) : Mendalami ilmu pendidikan
  • KM 4- Seterusnya (tahun 5 dan seterusnya) : Mendalami Ilmu Sharing agar selalu bermanfaat
Menurut saya, saat ini saya sedang menjalani KM 0 dimana saya sedang mempersiapkan diri dan mempersiapkan berbagai ilmu yang akan berguna kelak, saya baru mengupas bagian luar tiap ilmu untuk memancing rasa ketertarikan saya kedepannya untuk mencari tahu lebih lanjut ilmu tersebut.

PR terakhir adalah LAKUKAN :') Bismillah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumni Back to NF 2013

alhamdulillah ya Allah :) akhirnya direstui juga sama Allah buat dateng ke smp tercinta, Nurul Fikri Boarding School ( NFBS ) Serang-Banten. Dari pas liburan emang udah di sms mary buat diminta kesediaannya dateng ke nf pada tanggal 26 Januari buat 'promosi universitas' lah istilahnya. yang kepikiran bukan promosinya sih, tapi ngebayangin dateng ke nf aja udah sesuatu banget, melihat nf jauh dari tempat tinggal apalagi tempat kuliah, dan akses ke nf nya juga cukup susah, jadinya dari jaman gue SMA aja ga dibolehin sama bunda dan ayah apalagi. tapi buat tanggal 26 ini alhamdulillah udah direstuin sama ayah sama bunda, dan ini udah maksa banget juga sih, bahkan sampai bela-belain gaikut makrab SF (yang akhirnya diundur juga) demi ke nf, soalnya kalau emang ga disempet-sempetin ga bakal sempet. akhirnya rencana kepergian mencapai 70% ya 30% nya rencana Allah. udah super ngompor-ngomporin temen-temen d'rouszth banget di group dan di twitter biar pada dateng juga, lumayan kan b

Batu Night Spectacular (BNS)

jadi pas kemaren gue ke malang, gue ke tempat ya kayak pasar malam gitu di malang, tepatnya sih di Batu, nah namanya itu BNS. disana ya cool banget, masuknya cuma 3 ribu rupiah tapi isinya kayak mini dufan gitu, walaupun tempatnya kecil banget tapi permainannya oke oke banget, ada yang kursi terbang, terus ada juga sepeda gitu tapi muter 360 derajat gitu -__-'', ada ice skating, cinema 4 dimensi, ada main laser-laser juga, ada go kart juga, terus ada taman lampion gitu tapi waktu gue kesana lagi rusak padahal udah niat banget mau foto di bawah miniatur eifel gitu yang keren banget gue liat di brosurnya haha. ya masuk ke tiap wahana nya emang bayar lagi sih tapi itu juga ga mahal-mahal banget, rata-rata sih 12 ribuan , terus ada pasarnya juga, ada juga food court yang keren gitu jadi di atapnya itu ada layar gede banget dan tiap 2 jam itu nampilin kayak ada penampilan gitu, di panggungnya juga muncul air mancur gitu keren deh kayak di GI gitu haha, pokoknya recommended banget de

Nostalgia SD- Operet Bawang Merah Bawang Putih

hahaha . hari ini gue lagi ber nostalgia ria nih di serpong. oke, tadi baru aja gue buka folder foto gue jaman sd. hhaa dan ada foto gue yang lagi nyanyi-nyanyi dengan pd nya berasa penyanyi panggung yang handal, serasa panggung itu adalah milik gue. tapi itu beneran, oh my god! kenapa gue bisa se-pd itu ya ? . haha jadi ceritanya, waktu gue sd kelas 6, di sd al-azhar BSD. ada acara "Audisi 2005, Seni Musik & Karawitan". sebenernya itu acara bukan pas akhir tahun gue di kelas 6 sd, tapi akhir semester 1 kalo nggak salah. nah, selain menampilkan seni musik dan karawitan, kita anak kelas 6 nampilin yang namanya drama musikal bawang merah bawang putih, menirukan pertunjukan operet bawang merah bawang putih tahun 2003 yang diperankan oleh orang-orang ternama yang kira-kira kilasan nya operet aslinya seperti ini : (taken from Tempo) "Dengan sikap santai itu, Anda akan segera ikut menikmati bertepuk tangan ketika gemuruh musik arahan Thoersi Argeswara itu mengiringi