Langsung ke konten utama

Mekkah Al-Mukarramah part 1

Bismillah.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam, saya dan keluarga bisa pergi ke tanah suci mekkah, yang mana terdapat bangunan yang menjadi kiblat umat muslim di seluruh dunia, Ka'bah. Persiapan demi persiapan sebelum berangkat ke tanah suci telah kami lalui, mulai dari suntik segala macam penyakit, hingga manasik haji. tapi sejujurnya, walaupun sudah diberikan manasik haji masih nggak kebayang kayak apa sih bentuknya disana. akhinya hari yang ditunggu-tunggu tiba, kami flight pukul 00.15 WIB dengen pesawat emirates -terus norak ngeliat topi pramugarinya yang super lucu-, kemudian transit sekitar 80 menit di dubai untuk ganti pakaian ihrom dan melanjutkan perjalanan menuju tanah suci, deg-deg-an loh.

di atas awan, kami mengambil miqat, yaitu niat umroh dan sholat sunah ihram 2 rakaat. membaca niat dan setelah membaca niat maka berlakulah semua hukum-hukum dan larangan umroh, mulai dari tidak boleh terlihat auratnya hingga tidak boleh mengumpat dalam hati, bahkan sampai berkelahi, marah-marah, ataupun keluh kesah. bismillah. 

First Impression
ketika pertama kali liat bangunan masjidil haram dari pintu 1 (King Abdul Aziz), "waa subhanallah" ini toh yang namanya masjidil haram, sepanjang masuk cuma bisa cengo ngeliat ada sejuta orang disana, dari berbagai daerah, dari berbagai golongan usia, dari yang baby sampai yang pakai kursi roda ada semua disana, aaaa tiba tiba merasa keren dengan agama sendiri, wah ini toh Islam yang merupakan agama terbesar di dunia, subhanallah. dan akhirnya sampailah di depan sang Ka'bah, yang dahulu di bangun oleh nabi Ibrahim a.s dan putranya, Ismail a.s. Tiba-tiba merinding, kagum, dan yang terlintas "wah gede banget", bangunan kubus berwarna hitam dengan ukiran kaligrafi emas di sekelilingnya, sesederhana itu namun terlihat sangan indah, ya Allah ini ternyata arah dimana biasa aku bersujud kepada-Mu. Subhanallah. Merasa sangat dekat sekali sama Allah. 

maaf aneh karena ini ambilnya pas lagi tawaf wada .___. 
Tawaf
walaupun udah dijelasin di manasik haji tawaf tuh kayak apa tetep aja gangerti, kayak apa sih rukun yamani, terus hajar aswad kayak apa? maqam ibrahim? nanti solatnya dimana? dan sejuta pertanyaan menggantung di pikiran ketika perjalanan. dan akhirnya ketika menjalani tawaf, waaah -lagi-. rame banget, apalgi kalau tawaf deket-deket waktu sholat, subhanallah rame banget. umroh aja udah saya bilang rame, apalgi kalau haji, subhanallah banget lah itu. tawafnya bakalan sepi kalau lagi jam-jam jauh dari sholat, kayak jam 9 pagi, terus jam 10 malem, bahkan jam 2 malem. 

hajar aswad. semua orang yang kesana pasti pengen mencium wangi hajar aswad yang katanya itu batu dari surga, subhanallah ya penasaran juga wanginya kayak apa. tapi.... ramenya nggak ketulungan. setiap putaran yang bagian deket hajar aswad, lingkarannya memadat dan desek-desekkan, mana banyak joki orang indonsia yang bakalan malak kita kalau kita terima jokiannya. jadi si jokinya itu akan nawarin kita untuk mencium hajar aswad, dan dia emang beneran bantuin kita, tapi ngeri nya adalah dia akan menghalalkan segala cara, mulai dari nge dorongin orang, dan sebagainya, setelah itu kita dimintain bayaran gede deh karena udah bantuin mencium hajar aswad. naudzubillah. karena serem jadinya yaudah nggak usah deket-deket daerah sana, takut jadi mudarat dan malah nanti malah ngedumel dalam hati doang kerjaannya gara-gara kepenet-penet orang.

setelah tawaf 7 puteran, kita sholat 2 rakaat di depan maqam ibrahim, penuh banget sampe saya bingung mau sholat dimana, karena tiap sholat dilewatin orang,terus cuma bisa bengong -karena gaboleh marah- akhirnya sholat dengan bikin barikade ber 4 sama ayah bunda dimas haha lucu sih ini. abis itu kita doa di multazam -depan pintu ka'bah- dan nangis. padahal nggak ada angin nggak ada ujan, tapi rasanya deg-deg-an sampe nangis, ya Allah betapa aku sayang sama Engkau, terima kasih udah kasih kesempatan melihat Ka'bah -Mu ya Allah. 

Sa'i
pas setelah selesai tawaf, ritual umroh adalah sa'i. dan you know what, saya bahkan nggak tau tempat sa'i nya dimana, dikirain bukit safa sama marwah beneran dua bukit yang itu beneran di padang pasir yang panas. jeng jeng taunya itu di dalam masjidil haram juga, dan berlantai, dan bahkan bukit safa yang aslinya ga keliatan awalnya karena dipagerin kaca dan ketutupan orang, kalau bukin marwa nya lebih ga keliatan karena ternyata udah ga tinggi gitu jadi ada di bawa kaki orang orang yang pada solat disana. sa'i dari safa ke marwa 7 kali itu...pegel. waw. beneran pegel loh apalagi abis tawaf 7 kali putaran juga haha. setiap udah mau itungan ke 7 kaki tuh rasanya udah diseret-seret sambil baca buku doa sambil gandengan sama bunda -takut ilang-. 

Tahalul
ini juga lucu, abis sa'i bingung nyari tempat tahalul dimana, karena tahalul ga ada doanya dan ga ada keterangan apa-apa selain........potong rambut minimal 3 helai. ternyata......tempat nya itu di bukit marwa, haha semua orang di pojok-pojok deket tong sampah motong rambut. ternyata seperti itu toh.

intinya, umroh itu simpel loh, hanya menghabiskan waktu nggak sampe 6 jam. dan waktu itu saya enak banget mulainya abis ashar, nggak panas dan nggak terlalu rame, terus pas lagi sa'i kepotong maghrib, terus nerusin sa'i dan tahalul dan selesai pas isya. jadi bisa langsung 3 sholat disana tanpa pulang-pulang ke hotel. 


ini tepat setelah umroh, di luar masjidil haram

walaupun blur, ini lagi Sa'i dari bukit marwa mau ke bukit safa


Next in Makkah Al-Mukarramah,
kayak apa sih makkah? ada apa sih disana? orang-orangnya gimana? panas apa dingin? bangunannya kayak apa? dan beberapa wisata religi di makkah seperti......jabal rahmah yang katanya bukit pertemuan antara adam dan hawa, jadi siapapun yang doa jodoh disana dikabulin gitu kalo ga salah WAH :D #eh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumni Back to NF 2013

alhamdulillah ya Allah :) akhirnya direstui juga sama Allah buat dateng ke smp tercinta, Nurul Fikri Boarding School ( NFBS ) Serang-Banten. Dari pas liburan emang udah di sms mary buat diminta kesediaannya dateng ke nf pada tanggal 26 Januari buat 'promosi universitas' lah istilahnya. yang kepikiran bukan promosinya sih, tapi ngebayangin dateng ke nf aja udah sesuatu banget, melihat nf jauh dari tempat tinggal apalagi tempat kuliah, dan akses ke nf nya juga cukup susah, jadinya dari jaman gue SMA aja ga dibolehin sama bunda dan ayah apalagi. tapi buat tanggal 26 ini alhamdulillah udah direstuin sama ayah sama bunda, dan ini udah maksa banget juga sih, bahkan sampai bela-belain gaikut makrab SF (yang akhirnya diundur juga) demi ke nf, soalnya kalau emang ga disempet-sempetin ga bakal sempet. akhirnya rencana kepergian mencapai 70% ya 30% nya rencana Allah. udah super ngompor-ngomporin temen-temen d'rouszth banget di group dan di twitter biar pada dateng juga, lumayan kan b

Batu Night Spectacular (BNS)

jadi pas kemaren gue ke malang, gue ke tempat ya kayak pasar malam gitu di malang, tepatnya sih di Batu, nah namanya itu BNS. disana ya cool banget, masuknya cuma 3 ribu rupiah tapi isinya kayak mini dufan gitu, walaupun tempatnya kecil banget tapi permainannya oke oke banget, ada yang kursi terbang, terus ada juga sepeda gitu tapi muter 360 derajat gitu -__-'', ada ice skating, cinema 4 dimensi, ada main laser-laser juga, ada go kart juga, terus ada taman lampion gitu tapi waktu gue kesana lagi rusak padahal udah niat banget mau foto di bawah miniatur eifel gitu yang keren banget gue liat di brosurnya haha. ya masuk ke tiap wahana nya emang bayar lagi sih tapi itu juga ga mahal-mahal banget, rata-rata sih 12 ribuan , terus ada pasarnya juga, ada juga food court yang keren gitu jadi di atapnya itu ada layar gede banget dan tiap 2 jam itu nampilin kayak ada penampilan gitu, di panggungnya juga muncul air mancur gitu keren deh kayak di GI gitu haha, pokoknya recommended banget de

Nostalgia SD- Operet Bawang Merah Bawang Putih

hahaha . hari ini gue lagi ber nostalgia ria nih di serpong. oke, tadi baru aja gue buka folder foto gue jaman sd. hhaa dan ada foto gue yang lagi nyanyi-nyanyi dengan pd nya berasa penyanyi panggung yang handal, serasa panggung itu adalah milik gue. tapi itu beneran, oh my god! kenapa gue bisa se-pd itu ya ? . haha jadi ceritanya, waktu gue sd kelas 6, di sd al-azhar BSD. ada acara "Audisi 2005, Seni Musik & Karawitan". sebenernya itu acara bukan pas akhir tahun gue di kelas 6 sd, tapi akhir semester 1 kalo nggak salah. nah, selain menampilkan seni musik dan karawitan, kita anak kelas 6 nampilin yang namanya drama musikal bawang merah bawang putih, menirukan pertunjukan operet bawang merah bawang putih tahun 2003 yang diperankan oleh orang-orang ternama yang kira-kira kilasan nya operet aslinya seperti ini : (taken from Tempo) "Dengan sikap santai itu, Anda akan segera ikut menikmati bertepuk tangan ketika gemuruh musik arahan Thoersi Argeswara itu mengiringi