Langsung ke konten utama

Makkah Al-Mukarramah part 2

Bismillah

lanjutin lagi ya ceritanya

Umroh itu merupakan ibadah sunnah, dan pelaksanaan umroh ini ternyata bisa diniatkan untuk saudara kita yang telah terlebih dahulu dipanggil sama Allah, jadi biar pahala nya bisa sampe ke mereka yang sudah di 'sana'. walaupun terasa jauh mengirimkan ke teman, insya Allah Umroh kedua kemarin dikirimkan buat Esti Nuha Ilma Zakiyya, teman seperjuangan yang telah terlebih dahulu dipanggil Allah.

Sebelum melakukan umroh kedua, kita seperti biasa ambil miqat dahulu di suatu tempat, kali ini kita ambil miqat di ja'ronah -kalo ga salah tulisannya seperti itu-. jadi sebenernya saya tadinya nggak ngerti apa sih miqat? intinya miqat itu batas, dimana disana kita berpakaian ihrom, berniat, dan sholat sunnah ihram 2 rakaat, nah setelah dari miqat barulah berlaku semua syarat-syarat umroh maupun larangannya. miqat sendiri ditentukan sama Nabi Muhammad SAW berapa km dari mekkah dll nya. nah untuk umroh ketiga, kita ambil miqat di hudaibiah. itu nama-nama masjid gitu yang ada ceritanya masing-masing, beruntungnya kalau kalian ikut suatu tour and travels adalah semuanya akan dijelaskan disana atau di bis, biasanya sebelum ambil miqat pas di perjalanannya, mutawifnya akan menceritakan mengenai sejarah masjid tersebut. sayangnya ketiga masjid ini nggak saya ambil gambarnya karena susah dan terlalu fokus untuk siap-siap umroh #gaya #alesan.

Wisata Religi

Wisata religi pertama adalah mengunjungi........mmm lupa ini pertama, kedua atau keberapa. intinya pergi ke jabal rahmah. jabal itu artinya gunung. rahmah artinya kasih sayang. jadi jabal rahmah merupakan gunung kasih sayang yang merupakan pertemuan nabi adam dan siti hawa. satu hal yang saya baru tau adalah nabi adam diturunkan di india dan siti hawa diturunkan di jeddah. jauh ya. 

Inilah Jabal Rahmah, yang berada di dekat arafah. kalian tau istilah wukuf di arafah? menginap di arafah? wah baru liat loh tempatnya kayak apa. maaf nggak ada fotonya lagi karena sibuk bengong karena sepi banget :'' dan ga kebayang lagi lagi kalau haji penuhnya segimana, dan jadi nggak kebayang nanti ayah sama bunda gimana ya kalau haji? aaaa jadi ga tega kalau ayah bunda harus panas-panasan :__
jabal rahmah
itulah jabal rahmah dari jauh, yang putih itu ya itulah puncaknya gitu. terus ya pas naik....banyak tulisan kayak disini gitu loh misalnya blbla love blabla. dan beberapa nama indonesia haha lawak sih. ya intinya doa meminta jodoh sih disana, dan doa doa yang lainnya^^. 
setelah itu kita juga lewatin tempat buat lempar jumroh, mina. dan beneran banyak tendanya, banyak bangeet! 


harus tau ya, waktu kesana itu jalanan super duper sepi, makkah kalau nggak musim haji itu sepi banget, jalan tol nya banyak tapi yang lewat *siing* cuma 1 mobil, lucu banget lah kayak nggak ada penghuninya, tapi kalau lagi musim haji, yang tadinya cuma 5 menit, bisa jadi 5 jam waaa :o soalnya seluruh penjuru dunia kesini sih ya hebat bangeeet!

setelah itu ada lagi nih wisatanya ke.......peternakan unta haha *norak baru liat unta asli*

hebat ya unta, dia minum super banyak sekali bisa buat tahan berapa minggu gitu saya lupa. tapi intinya keren. haha. terus disana masih banyak penduduk yang emang mata pencahariannya adalah peternak unta, jadi mereka tinggal lumayan jauh dari kota buat ternak unta, kemudian dijual deh susu untanya. keadaan disana masih padang pasir gitu.

Overall, makkah itu ya seperti kota-kota di timur tengah pada umumnya, mostly daratannya berupa gurun pasir, mungkin kalau lagi cuaca panas bakalan panas banget sih kebayang. alhamdulillahnya kemaren pas musim dingin, jadi ya suhunya paling kecil 18 derajat, paling tinggi 23 derajat. brrr dingin mayan apalagi subuh-subuh kalau dibarengin sama angin, ya ampun nusuk kulit banget, dan bikin kulit super kering, jadi kalian harus bawa pelembab kulit gitu biar nggak kering. Ya seperti yang dibilang tadi, sepi banget jalanannya kalau lagi nggak musim haji, bangunan disana sederhana banget, hotel-hotelnya pun nggak ada yang wah banget kecuali grand zam-zam di depan pintu 1 nya masjidil haram. seperti gedung pencakar langit di jakarta gitu haha.



waaah banget kan, kalau kalian pakai haji onh plus bisa nginep disana asik banget soalnya keluar hotel langsung pelataran masjidil haram jadi nggak perlu ribet-ribet deh :) 

segini dulu yaaa lanjut part III ajaa :3



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumni Back to NF 2013

alhamdulillah ya Allah :) akhirnya direstui juga sama Allah buat dateng ke smp tercinta, Nurul Fikri Boarding School ( NFBS ) Serang-Banten. Dari pas liburan emang udah di sms mary buat diminta kesediaannya dateng ke nf pada tanggal 26 Januari buat 'promosi universitas' lah istilahnya. yang kepikiran bukan promosinya sih, tapi ngebayangin dateng ke nf aja udah sesuatu banget, melihat nf jauh dari tempat tinggal apalagi tempat kuliah, dan akses ke nf nya juga cukup susah, jadinya dari jaman gue SMA aja ga dibolehin sama bunda dan ayah apalagi. tapi buat tanggal 26 ini alhamdulillah udah direstuin sama ayah sama bunda, dan ini udah maksa banget juga sih, bahkan sampai bela-belain gaikut makrab SF (yang akhirnya diundur juga) demi ke nf, soalnya kalau emang ga disempet-sempetin ga bakal sempet. akhirnya rencana kepergian mencapai 70% ya 30% nya rencana Allah. udah super ngompor-ngomporin temen-temen d'rouszth banget di group dan di twitter biar pada dateng juga, lumayan kan b

Batu Night Spectacular (BNS)

jadi pas kemaren gue ke malang, gue ke tempat ya kayak pasar malam gitu di malang, tepatnya sih di Batu, nah namanya itu BNS. disana ya cool banget, masuknya cuma 3 ribu rupiah tapi isinya kayak mini dufan gitu, walaupun tempatnya kecil banget tapi permainannya oke oke banget, ada yang kursi terbang, terus ada juga sepeda gitu tapi muter 360 derajat gitu -__-'', ada ice skating, cinema 4 dimensi, ada main laser-laser juga, ada go kart juga, terus ada taman lampion gitu tapi waktu gue kesana lagi rusak padahal udah niat banget mau foto di bawah miniatur eifel gitu yang keren banget gue liat di brosurnya haha. ya masuk ke tiap wahana nya emang bayar lagi sih tapi itu juga ga mahal-mahal banget, rata-rata sih 12 ribuan , terus ada pasarnya juga, ada juga food court yang keren gitu jadi di atapnya itu ada layar gede banget dan tiap 2 jam itu nampilin kayak ada penampilan gitu, di panggungnya juga muncul air mancur gitu keren deh kayak di GI gitu haha, pokoknya recommended banget de

Nostalgia SD- Operet Bawang Merah Bawang Putih

hahaha . hari ini gue lagi ber nostalgia ria nih di serpong. oke, tadi baru aja gue buka folder foto gue jaman sd. hhaa dan ada foto gue yang lagi nyanyi-nyanyi dengan pd nya berasa penyanyi panggung yang handal, serasa panggung itu adalah milik gue. tapi itu beneran, oh my god! kenapa gue bisa se-pd itu ya ? . haha jadi ceritanya, waktu gue sd kelas 6, di sd al-azhar BSD. ada acara "Audisi 2005, Seni Musik & Karawitan". sebenernya itu acara bukan pas akhir tahun gue di kelas 6 sd, tapi akhir semester 1 kalo nggak salah. nah, selain menampilkan seni musik dan karawitan, kita anak kelas 6 nampilin yang namanya drama musikal bawang merah bawang putih, menirukan pertunjukan operet bawang merah bawang putih tahun 2003 yang diperankan oleh orang-orang ternama yang kira-kira kilasan nya operet aslinya seperti ini : (taken from Tempo) "Dengan sikap santai itu, Anda akan segera ikut menikmati bertepuk tangan ketika gemuruh musik arahan Thoersi Argeswara itu mengiringi