Langsung ke konten utama

Kaderisasi

bismillah.

Kaderisasi? sejujurnya baru di ITB berurusan sama hal ini, mungkin dalam artian berurusan beneran mengurusi kaderisasi, biasanya hanya menjadi peserta kader dan kalaupun jadi panitia kaderisasi (MOS waktu SMP dan SMA juga merupakan proses kaderisasi kan?) tidak seribet ini ya :') Actually, ini hal yang menarik kalau kamu mendalaminya -mungkin-. 

Kaderisasi itu berasal dari kata kader dan -isasi. 

kader /ka·der/ n 1 perwira atau bintara dl ketentaraan; 2 orang yg diharapkan akan memegang peran yg penting dl pemerintahan, partai, dsb;

kaderisasi /ka·de·ri·sa·si/ n pengaderan: --

pengaderan /pe·nga·der·an/ n proses, cara, perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader: 

(sumber : KBBI online)

mungkin kalau dalam himpunan kader nya bisa diartikan orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting di himpunan. waw. baru baca sekarang sih sejujurnya. jadi apa yang mau dibahas tentang kaderisasi disini? just lot of thought. 

Saya beberapa kali terlibat dalam kepanitiaan inti kaderisasi di himpunan. beruntungnya himpunan saya memiliki kurikulum kaderisasi yang menjadi panutan, atau ya nilai miminal yang harus dipenuhi oleh seorang kader himpunan. mau tau isinya? wah super sekali loh, denger-denger dari kakak kelas, kurikulum kaderisasi itu dibuat setelah membaca mulai dari pancasila, uud 45, rancangan umum kaderisasi km-itb, dan ya semua itu di rangkum dan di fit kan sama kebutuhan dari hmf sendiri. hebat ya. saya sih angkat topi buat kakak kakak yang telah dengan hebat membuatnya. that's too cool :)

karena adanya kurikulum kaderisasi itulah, jadi setiap tahunnya tidak akan berbeda jauh nilai yang dibawakan, karena di dalam kurikulum kaderisasi telah tertulis profil-profil kader hmf yang diinginkan dari setiap tahap kaderisasinya. mungkin akan berbeda dalam hal metode penerapan nilainya, interpretasi nilai, dan tergantung visi kahim yang menjabat ingin menekankan di bagian poin apa dari sekian banyak profil kaderisasi itu. 

kadang sering banget mikir, apa sih pentingnya kaderisasi? kenapa coba bahkan harus ada profil kaderisasi segala? kalau kalian tahu apa itu profil-profilnya, sebenernya kaderisasi itu bukan kewajiban, tapi kebutuhan, karena sebenernya profil-profil itu sesuatu yang baik buat kita, dengan kita mengikuti proses kaderisasi, kita mengajarkan diri kita tentang hal-hal yang nggak di dapatkan di kuliah. misalnya ada satu poin tentang kerja sama, nah materi seperti itu akan di dapatkan di tahapan kaderisasi, dimana himpunan mengkader anggotanya agar memiliki sifat kerja sama, oke mungkin itu jadi kewajiban buat tiap anggota himpunan, tapi menurutku juga itu kebutuhan karena ya lumayan kan kita bisa belajar bekerja sama secara gratis. 

mau share banget nih waktu bikin acara kaderisasi tahap umum 2, big thanks buat afina udah ngasih kesempatan saya buat jadi ketua divisi acaranya, and i learn a lot dari sana. ketika kita akan menanamkan nilai ke peserta kader, ketika kita ingin peserta kader setelah keluar dari acara ini bisa jadi sesuai dengan profil-profil kader, setiap acara yang dibuat, setiap konten yang dibuat harus ada esensinya. harus mengandung satu profil tertentu, jangan cuma asal asal bikin acara biar panitia seneng (co : marah-marah yang nggak ada esensinya, cuma biar kakak tingkat balas dendam ke adek tingkat). makanya bingung banget yang akhir-akhir ini denger berita tentang perploncoan -ya you know lah-, mereka ngapain coba ngadain itu? emang mereka mau peserta kadernya jadi kayak apa? jadi takut sama kakak tingkat? aneh banget deh. sama banget mungkin kayak orang ngeliat osjur hmf yang super bentar, super nggak seru -kata mereka- karena nggak ada naik-naik gunungnya. ya kalau menurut ku pribadi sih kita emang ga perlu naik gunung, ga ada esensinya, karena toh di lapangan pekerjaan sebagai seorang farmasist nggak akan naik gunung kan? jadi ya emang ga match aja, ya mungkin kecuali kalau emang mau ngambil nilai survive misalnya -tapi nggak masuk juga sih, survive ngapain emangnya sampe harus naik gunung- tapi bisa juga sih biar akrab banget atau ya semangat kekeluargaan dengan naik gunung juga bisa. tapi ya intinya emang harus ada alasan dari setiap acara yang dibikin, biar nilai-nilainya bisa tersampaikan dengan benar :)

segitu aja deh share nya, mungkin akan ada tulisan seperti ini lagi lain waktu. see you fellas !

Komentar

SIN mengatakan…
Berati "iya" ya

Postingan populer dari blog ini

Alumni Back to NF 2013

alhamdulillah ya Allah :) akhirnya direstui juga sama Allah buat dateng ke smp tercinta, Nurul Fikri Boarding School ( NFBS ) Serang-Banten. Dari pas liburan emang udah di sms mary buat diminta kesediaannya dateng ke nf pada tanggal 26 Januari buat 'promosi universitas' lah istilahnya. yang kepikiran bukan promosinya sih, tapi ngebayangin dateng ke nf aja udah sesuatu banget, melihat nf jauh dari tempat tinggal apalagi tempat kuliah, dan akses ke nf nya juga cukup susah, jadinya dari jaman gue SMA aja ga dibolehin sama bunda dan ayah apalagi. tapi buat tanggal 26 ini alhamdulillah udah direstuin sama ayah sama bunda, dan ini udah maksa banget juga sih, bahkan sampai bela-belain gaikut makrab SF (yang akhirnya diundur juga) demi ke nf, soalnya kalau emang ga disempet-sempetin ga bakal sempet. akhirnya rencana kepergian mencapai 70% ya 30% nya rencana Allah. udah super ngompor-ngomporin temen-temen d'rouszth banget di group dan di twitter biar pada dateng juga, lumayan kan b

Batu Night Spectacular (BNS)

jadi pas kemaren gue ke malang, gue ke tempat ya kayak pasar malam gitu di malang, tepatnya sih di Batu, nah namanya itu BNS. disana ya cool banget, masuknya cuma 3 ribu rupiah tapi isinya kayak mini dufan gitu, walaupun tempatnya kecil banget tapi permainannya oke oke banget, ada yang kursi terbang, terus ada juga sepeda gitu tapi muter 360 derajat gitu -__-'', ada ice skating, cinema 4 dimensi, ada main laser-laser juga, ada go kart juga, terus ada taman lampion gitu tapi waktu gue kesana lagi rusak padahal udah niat banget mau foto di bawah miniatur eifel gitu yang keren banget gue liat di brosurnya haha. ya masuk ke tiap wahana nya emang bayar lagi sih tapi itu juga ga mahal-mahal banget, rata-rata sih 12 ribuan , terus ada pasarnya juga, ada juga food court yang keren gitu jadi di atapnya itu ada layar gede banget dan tiap 2 jam itu nampilin kayak ada penampilan gitu, di panggungnya juga muncul air mancur gitu keren deh kayak di GI gitu haha, pokoknya recommended banget de

Nostalgia SD- Operet Bawang Merah Bawang Putih

hahaha . hari ini gue lagi ber nostalgia ria nih di serpong. oke, tadi baru aja gue buka folder foto gue jaman sd. hhaa dan ada foto gue yang lagi nyanyi-nyanyi dengan pd nya berasa penyanyi panggung yang handal, serasa panggung itu adalah milik gue. tapi itu beneran, oh my god! kenapa gue bisa se-pd itu ya ? . haha jadi ceritanya, waktu gue sd kelas 6, di sd al-azhar BSD. ada acara "Audisi 2005, Seni Musik & Karawitan". sebenernya itu acara bukan pas akhir tahun gue di kelas 6 sd, tapi akhir semester 1 kalo nggak salah. nah, selain menampilkan seni musik dan karawitan, kita anak kelas 6 nampilin yang namanya drama musikal bawang merah bawang putih, menirukan pertunjukan operet bawang merah bawang putih tahun 2003 yang diperankan oleh orang-orang ternama yang kira-kira kilasan nya operet aslinya seperti ini : (taken from Tempo) "Dengan sikap santai itu, Anda akan segera ikut menikmati bertepuk tangan ketika gemuruh musik arahan Thoersi Argeswara itu mengiringi