Langsung ke konten utama

Perpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Tangerang

Postingan hari ini akan bermanfaat insya Allah bagi manusia manusia jaman milenial yang cukup sedih karena server untuk pendaftaran paspor online nya lagi rusak :(

Ceritanya, dahulu saya buat paspor via website imigrasi (online), pembuatan paspor online menurut saya pribadi sangat amat membantu, karena bisa memangkas jalur birokrasi, dan antrian di kantor imigrasi-pun berbeda untuk online sama yang walk-in. Dahulu yang kalau mau bikin paspor harus dateng 3 kali, kalau online jadi cuma 2 kali. Namun, mulai bulan Januari 2017 (kalau tidak salah), website imigrasi untuk pengurusan paspor online dihentikan (Ada surat edaran resmi dari pihak imigrasi), sehingga sekarang semua harus serba manual lagi.

Paspor saya habis bulan maret 2018, artinya harus segera diperbaharui karena kebetulan akan melakukan perjalanan (insya Allah) akhir tahun ini. Sebelum perpanjang, saya sempat baca-baca mengenai penumpukkan pengunjung di kantor imigrasi BSD yang sampai ada yang antri jam 2 pagi (omaigat), karena rumah saya memang di BSD, jadi tentulah saya juga berniat untuk perpanjang disana karena dekat rumah, tapi setelah dapet informasi bahwa di kanim BSD perlu ngantri dari dini hari, saya jadi pikir-pikir lagi deh.

Perpanjang Paspor alhamdulillahnya bisa dilakukan di Kantor Imigrasi mana saja, pilihan saya waktu itu selain yang di BSD adalah :
1. Kanim Tangerang
2. Kanim Bandara Soetta

Kemudian saya coba browsing untuk melihat keramaian di kedua kanim tersebut. Saya menemukan twitter @kanim_tangerang dan melihat beberapa pengunjung nampak puas dengan pelayanannya, dan coba kepo-kepo lagi harus datang dari jam berapa, ada yang bilang "kalau mau ambil nomor antrian disarankan datang dari jam 5-6 pagi", ya masih lebih masuk akal deh daripada yang di BSD :(

Selain kepo keramaian kanim yang dituju, pastinya saya persiapkan berkas agar kedatangan saya nanti tidak sia-sia. Berkas untuk perpanjangan paspor Dewasa :
1. Fotokopi KK (terbaru!)
2. Fotokopi KTP (kalau bisa fotokopinya diperbesar)
3. Fotokopi Paspor Lama
4. Fotokopi Akte Lahir/ijazah

Semua berkas di fotokopi di lembaran A4 tanpa dipotong, dan jangan lupa untuk membawa berkas aslinya. Biayanya 355.000 untuk paspor 48 halaman. 

Akhirnya, tadi pagi saya bangun jam 4 subuh (wk penting banget informasinya), kemudian berangkat jam 5 kurang setelah sholat subuh, saya sampai di kantor imigrasi pukul 05.30, saat itu kira-kira sudah ada 20 orang yang berbaris teratur (nais). Saya mengantri dengan polosnya, kemudian ada petugas yang mengingatkan "Yang mengantri, yang sudah lengkap semua dan sudah isi formulir" jengjeng..hamba belum punya formulirnya, jadilah saya keluar antrian dan mengantri di depan koperasi untuk ambil formulir dan beli materai (lupa banget kalo mau bawa sendiri). Dan FYI yang ngantri pertama udah dateng dari jam 4 subuh :') w o w wow

So, Tahap Pertama sebelum antri adalah Ambil Formulir dan Materai.

Setelah koperasi buka pukul 6 pagi, saya buru-buru masuk barisan sambil mengisi segala data yang diperlukan. Saat itu, jam 6 pagi pengambilan nomor antrian sudah mulai dibuka, jadi sebelum jam 6 pagi ya kita hanya diri aja ngantri. Sambil ngantri, ternyata kepala kantor imigrasinya terjun langsung ngecek satu-satu berkas! hebat sih si Bapak ini, sambil berbicara dengan tegas jangan ada yang nyalip-nyalip, kalau berkasnya belum lengkap mundur ke belakang, beliau dengan tegas menyuruh beberapa orang yang telah antri untuk mundur karena menurut beliau berkasnya belum lengkap. Satpam disana juga tegas mengatur kita, bener-bener nggak boleh ada yang curang nyalip-nyalip walaupun tadi antriannya udh di depan. Salut sih.

Tahap Kedua adalah Pengecekan Berkas oleh Petugas

Berkas kita dicek terlebih dahulu oleh petugas, terutama kesesuaian nama dan nomer KTP. Setelah itu barulah berkas kita dimasukkan ke dalam map yang sudah ada nomor antriannya, apabila lolos barulah kita diperbolehkan masuk ke dalam kantor. Jadi, di dalam kantor imigrasi memang yang benar-benar sudah lolos pengecekkan berkas oleh petugas. Saya masuk ke dalam kantor pukul 07.05. Saya dapat antrian 34, saat saya masuk baru antrian 12, tapi tidak apa-apa banget lah, cuma 20 sekian antrian, nggak masalah.

Tahap Ketiga adalah Wawancara dan Foto

Pertanyaan standar wawancara sih ya, mau pergi kemana, urusannya apa. Tapi alhamdulillah bapak yang wawancara baik banget, malah ngobrol ngalor ngidul wk. Foto juga as usual kerudungnya harus ditarik banget ke belakang yha :( saya mulai di wawancara dan foto pukul 08.00 (lupa sih tepatnya jam 8 berapa). Setelah lancar, kemudian kita mendapatkan bukti untuk pembayaran serta pengambilan berkas.

Tahap Keempat adalah Pembayaran

Di Kanim Tangerang sendiri menyediakan bank BRI, jadi kalau punya BRI lebih gampang, tapi kalau tidak punya bisa bayar cash melalui teller nya. 

Tahap Kelima adalah Pulang!

Alhamdulillah selesai sudah semuanya dan semua prosesnya selesai pukul 08.30 (yeaynes)! Sangat cepat. Terima kasih Kantor Imigrasi Tangerang, well done!

Komentar

Anonim mengatakan…
Waw, luar biasa.. informatif sekalii, meskipun Saya bukan warga tangsel

Postingan populer dari blog ini

Alumni Back to NF 2013

alhamdulillah ya Allah :) akhirnya direstui juga sama Allah buat dateng ke smp tercinta, Nurul Fikri Boarding School ( NFBS ) Serang-Banten. Dari pas liburan emang udah di sms mary buat diminta kesediaannya dateng ke nf pada tanggal 26 Januari buat 'promosi universitas' lah istilahnya. yang kepikiran bukan promosinya sih, tapi ngebayangin dateng ke nf aja udah sesuatu banget, melihat nf jauh dari tempat tinggal apalagi tempat kuliah, dan akses ke nf nya juga cukup susah, jadinya dari jaman gue SMA aja ga dibolehin sama bunda dan ayah apalagi. tapi buat tanggal 26 ini alhamdulillah udah direstuin sama ayah sama bunda, dan ini udah maksa banget juga sih, bahkan sampai bela-belain gaikut makrab SF (yang akhirnya diundur juga) demi ke nf, soalnya kalau emang ga disempet-sempetin ga bakal sempet. akhirnya rencana kepergian mencapai 70% ya 30% nya rencana Allah. udah super ngompor-ngomporin temen-temen d'rouszth banget di group dan di twitter biar pada dateng juga, lumayan kan b

Batu Night Spectacular (BNS)

jadi pas kemaren gue ke malang, gue ke tempat ya kayak pasar malam gitu di malang, tepatnya sih di Batu, nah namanya itu BNS. disana ya cool banget, masuknya cuma 3 ribu rupiah tapi isinya kayak mini dufan gitu, walaupun tempatnya kecil banget tapi permainannya oke oke banget, ada yang kursi terbang, terus ada juga sepeda gitu tapi muter 360 derajat gitu -__-'', ada ice skating, cinema 4 dimensi, ada main laser-laser juga, ada go kart juga, terus ada taman lampion gitu tapi waktu gue kesana lagi rusak padahal udah niat banget mau foto di bawah miniatur eifel gitu yang keren banget gue liat di brosurnya haha. ya masuk ke tiap wahana nya emang bayar lagi sih tapi itu juga ga mahal-mahal banget, rata-rata sih 12 ribuan , terus ada pasarnya juga, ada juga food court yang keren gitu jadi di atapnya itu ada layar gede banget dan tiap 2 jam itu nampilin kayak ada penampilan gitu, di panggungnya juga muncul air mancur gitu keren deh kayak di GI gitu haha, pokoknya recommended banget de

Nostalgia SD- Operet Bawang Merah Bawang Putih

hahaha . hari ini gue lagi ber nostalgia ria nih di serpong. oke, tadi baru aja gue buka folder foto gue jaman sd. hhaa dan ada foto gue yang lagi nyanyi-nyanyi dengan pd nya berasa penyanyi panggung yang handal, serasa panggung itu adalah milik gue. tapi itu beneran, oh my god! kenapa gue bisa se-pd itu ya ? . haha jadi ceritanya, waktu gue sd kelas 6, di sd al-azhar BSD. ada acara "Audisi 2005, Seni Musik & Karawitan". sebenernya itu acara bukan pas akhir tahun gue di kelas 6 sd, tapi akhir semester 1 kalo nggak salah. nah, selain menampilkan seni musik dan karawitan, kita anak kelas 6 nampilin yang namanya drama musikal bawang merah bawang putih, menirukan pertunjukan operet bawang merah bawang putih tahun 2003 yang diperankan oleh orang-orang ternama yang kira-kira kilasan nya operet aslinya seperti ini : (taken from Tempo) "Dengan sikap santai itu, Anda akan segera ikut menikmati bertepuk tangan ketika gemuruh musik arahan Thoersi Argeswara itu mengiringi