Langsung ke konten utama

Review "How To Not Devastate Yourself?"


Image result for how to not devastated yourself buku
Saya mulai membaca buku ini dari bulan Februari, awalnya berniat untuk langsung menghabiskannya dalam 1 bulan, tapi ternnyata ngaret beberapa hari sehingga baru selesai akhir bulan Maret. Judul bukunya cukup gimana gitu ya, kalau kalian cari arti kata devastated artinya adalah hancur. Intinya, bagaimana untuk tidak menghancurkan dirimu? 

Sebuah buku yang saya pinjam cuma-cuma melalui aplikasi iPusnas ini berjudul seperti di judul tulisan saya dengan tambahan tulisan di atasnya "Lesson in Self Esteem". Mengapa membaca buku ini? Saya mulai mengenali diri saya secara lebih dalam semenjak lulus kuliah sarjana, saya mulai menerka-nerka karakter diri ini seperti apa, saya suka berteman dengan orang seperti apa, saya suka berada di lingkungan bagaimana, dan saya ingin diperlakukan seperti apa oleh lingkungan saya. Lalu apa hubungannya dengan buku ini? Salah satu hal yang saya mulai sadari adalah perilaku saya yang cenderung meng underestimate diri saya, saya sering merasa tidak lebih baik dari orang lain. Saat itulah saya merasa wah pasti ada yang salah nih karena semua orang mungkin selalu berkata kamu hebat kok fin, kamu pinter, kamu blablabla tapi kenyataannya saya tidak pernah merasa seperti itu.

Nah, berikut ini saya akan mencoba memasukkan beberapa noted point yang sealu saya tulis ketika saya selesai membaca :

Self esteem itu bukan berarti membanggakan diri sendiri atau menjadi sombong, tapi lebih ke menghargai diri kita sendiri. Ada beberapa kepercayaan yang dapat mempengaruhi Self esteem seseorang : mulai dari Appearance (terkadan penampilan bisa melihat seberapa self esteem kita) ,  Emotions (self esteem tinggi cenderung positive vibes, kalau yg self esteem rendah cenderung negatif vibes) , dan Behaviour (low self esteem-low self confidence).

Sebelum mempelajari tentang self esteem, pembelajaran ini dimulai dengan mengetahui apa itu self image. Self image itu apa yg kita pikirkan tentang diri kita dan yang orang lain pikirkan tentang kita. Self image ini bisa negatif dan positif tergantung lingkungan. Self image terbentuk dari self concept. 

Self concept itu terdiri dari self worth dan ideal self yang saling keterkaitan. Self concept akan terbentuk dari seberapa kita menghargai diri kita dan dikombinasikan dengan ideal self menurut kita. Self worth terbentuk mulai dari interaksi kita dengan orang tua kita saat kecil, kalau kita dapat masukan atau kata-kata positif, maka akan bisa meningkatkan self esteem. Sedangkan ideal self adalah sisi ideal yang kita inginkan dan bisa berubah-ubah tergantung lingkungan kita. 

Nah, setelah memahami konsep self concept dan self image, dalam buku itu dijelaskan terkait ingredients to make self-esteem, yaitu competence dan worthiness. Competence itu terkait fisik dan kognitif, worthiness itu tentang perasaan kita tentang diri kita, bisa dimulai dengan mencoba bertanya kepada diri kita seberapa valuable sih diri kita? Dan bisa dilihat juga salah satunya dari competence kita, dari hal tersebut kita bisa mulai belajar untuk menghargai apa yang kita punya dan meyakinkan diri kita bahwa kita itu worth loh sebenernya.

Jadi, sekarang kita hanya perlu memperbaiki framework berpikir kita tentang bagaimana sih kita menghargai diri sendiri? Dan ternyata menghargai diri sendiri itu bukan berarti sombong loh~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumni Back to NF 2013

alhamdulillah ya Allah :) akhirnya direstui juga sama Allah buat dateng ke smp tercinta, Nurul Fikri Boarding School ( NFBS ) Serang-Banten. Dari pas liburan emang udah di sms mary buat diminta kesediaannya dateng ke nf pada tanggal 26 Januari buat 'promosi universitas' lah istilahnya. yang kepikiran bukan promosinya sih, tapi ngebayangin dateng ke nf aja udah sesuatu banget, melihat nf jauh dari tempat tinggal apalagi tempat kuliah, dan akses ke nf nya juga cukup susah, jadinya dari jaman gue SMA aja ga dibolehin sama bunda dan ayah apalagi. tapi buat tanggal 26 ini alhamdulillah udah direstuin sama ayah sama bunda, dan ini udah maksa banget juga sih, bahkan sampai bela-belain gaikut makrab SF (yang akhirnya diundur juga) demi ke nf, soalnya kalau emang ga disempet-sempetin ga bakal sempet. akhirnya rencana kepergian mencapai 70% ya 30% nya rencana Allah. udah super ngompor-ngomporin temen-temen d'rouszth banget di group dan di twitter biar pada dateng juga, lumayan kan b

Batu Night Spectacular (BNS)

jadi pas kemaren gue ke malang, gue ke tempat ya kayak pasar malam gitu di malang, tepatnya sih di Batu, nah namanya itu BNS. disana ya cool banget, masuknya cuma 3 ribu rupiah tapi isinya kayak mini dufan gitu, walaupun tempatnya kecil banget tapi permainannya oke oke banget, ada yang kursi terbang, terus ada juga sepeda gitu tapi muter 360 derajat gitu -__-'', ada ice skating, cinema 4 dimensi, ada main laser-laser juga, ada go kart juga, terus ada taman lampion gitu tapi waktu gue kesana lagi rusak padahal udah niat banget mau foto di bawah miniatur eifel gitu yang keren banget gue liat di brosurnya haha. ya masuk ke tiap wahana nya emang bayar lagi sih tapi itu juga ga mahal-mahal banget, rata-rata sih 12 ribuan , terus ada pasarnya juga, ada juga food court yang keren gitu jadi di atapnya itu ada layar gede banget dan tiap 2 jam itu nampilin kayak ada penampilan gitu, di panggungnya juga muncul air mancur gitu keren deh kayak di GI gitu haha, pokoknya recommended banget de

Nostalgia SD- Operet Bawang Merah Bawang Putih

hahaha . hari ini gue lagi ber nostalgia ria nih di serpong. oke, tadi baru aja gue buka folder foto gue jaman sd. hhaa dan ada foto gue yang lagi nyanyi-nyanyi dengan pd nya berasa penyanyi panggung yang handal, serasa panggung itu adalah milik gue. tapi itu beneran, oh my god! kenapa gue bisa se-pd itu ya ? . haha jadi ceritanya, waktu gue sd kelas 6, di sd al-azhar BSD. ada acara "Audisi 2005, Seni Musik & Karawitan". sebenernya itu acara bukan pas akhir tahun gue di kelas 6 sd, tapi akhir semester 1 kalo nggak salah. nah, selain menampilkan seni musik dan karawitan, kita anak kelas 6 nampilin yang namanya drama musikal bawang merah bawang putih, menirukan pertunjukan operet bawang merah bawang putih tahun 2003 yang diperankan oleh orang-orang ternama yang kira-kira kilasan nya operet aslinya seperti ini : (taken from Tempo) "Dengan sikap santai itu, Anda akan segera ikut menikmati bertepuk tangan ketika gemuruh musik arahan Thoersi Argeswara itu mengiringi