Langsung ke konten utama

Cuap-cuap Farmasi


apaansih tiba-tiba gue merasa kalo judul itu lebai haha dan gue have no idea juga sama judul lainnya yaudalah. 

dalam rangka acara presentasi ke 8 ttg ITB, jadi lah gue dan cesia -karena anak Sekolah Farmasi (SF) 2011 cuma berdua-, harus mencari-cari bahan buat presentasi mmm ga lebai juga sih orang prodinya juga cuma dua haha. oke jadilah gue kembali berpikir kenapa gue milih ini? soalnya kan ceritanya promosi ke adek kelas, masa yang promosi aja ogah-ogah an ngejalaninnya kan ga lucu haha oke mari kita lihat.

SEKOLAH FARMASI ITB 2011

hemm ceritanya panjang dan gue udah bosen haha kenapa gue bisa milih jurusan ini dari sekian banyak jurusan selain psikologi unpad yang udah fix gue pilih. haha.

then gue keterima alhamdulillah ya Allah, dan disana gue bertemu berbagai macam orang yang (ternyata) sangat mempunyai minat di bidang farmasi, semua orang mempunya mimpi mempunyai apotek, menjadi farmasis handal dan bla bla bla. sebenernya agak 'deg' banget, dimana gue have no dream at all di bidang ini, sejujurnya sebelum snmptn gue cuma pernah sekali ngebayangin apa yang kira-kira bisa bikin gue semangat belajar buat lulus snmptn, jadi gue ngebayangin gue punya kebun tanaman obat, terus ya gitu, jadi kalo ada keluarga gue yang sakit bisa gue racikin obat haha seru ga? iya seru, tapi pas masuk kuliah juga gue lupa.

oke balik lagi, jadi ceritanya semua orang ambisius juga ternyata disini -____-''. yaudah saat itu gue merasa yaudah gue jalani aja dulu, nanti juga gue tau gue harus gimana. then gue belajarlah 'pengantar farmasi dan kesehatan' dimana itu so cool~~

oh ya, sebenernya gue agak tertarik sama sesuatu yang berbau kesehatan sih, jadi dulu cita-cita sampe smp gue jadi dokter anak! gue bahkan pernah mikirin gue mau ngasih hadiah ke anak kecil tiap dateng ke gue haha. jadilah gue masih dikit berminat di bidang kesehatan, tapi gue membuang niat gue buat masuk kedokteran karena hemmm ya gue ga seniat itu juga haha, pernah pengen masuk keperawatan loh!! tapi gajadi juga haha yaudah akhirnya milih ini deh.

sejujurnya gue dalam menentukan mau masuk kuliah jurusan apa, ya ngeliat sih prospek kerja nya apa, tapi kadang itu tetep abstrak bagi gue, dan yang paling gue cari adalah : mata kuliah di jurusan itu. lagipula gue hemmm ya mau sih kerja, tapi menurut gue pribadi ya, gue lebih suka kalo apa yang gue pelajari bermanfaat buat orang, dan bisa gue aplikasi kan gitu, kan seru tuh iya ga? makanya, gue kadang ga mikirin sih lulus dari farmasi mau kerja dimana atau sebagainya, gue lebih seneng mikir 'apa yang bisa gue lakuin buat orang banyak setelah lulus dari sekolah farmasi' terutama sih keluarga, entah kenapa pengen banget, gue punya suatu keahlian haha kan jadi nilai plus juga tuh kalo mau nyari suami haha. 

oh ya, lanjut dari sekolah farmasi ya,
disana tuh ada 2 prodi : STF (Sains dan Teknologi Farmasi) sama FKK (Farmasi Klinik dan Komunitas) , nah kalo mau bikin obat yang macem-macem bentuknya dan kandungannya, masuklah silakan ke STF, karena kalian bisa jadi scientist. tapi kalo ke FKK , kalian itu menjalankan yang namanya pharmaceutical care atau asuhan kefarmasian (ehm bahan uas kemaren) . jadi ya intinya kalian itu...

"Setelah menyelesaikan kuliah pada prodi ini, teman-teman diharapkan mampu melakukan praktek pelayanan kefarmasian (pelayanan produk dan klinik) sesuai dengan asas dan etika pharmaceutical care yaitu obat sampai ke tangan pasien dalam keadaan baik, efektif dan aman disertai informasi yang memadai agar penggunaannya untuk mencapai kesembuhan. Serta mampu berkontribusi aktif dalam mengevaluasi, menginterpretasi dan memberikan solusi pada uji penelitian pra-klinik dan klinik.
Sebagai ilustrasi sederhana, coba ingat-ingat, pernahkah teman-teman membeli obat ke apotek lalu mendapatkan penjelasan rinci dari apotekernya tentang kandungan isi obat, zat aktif apa yang ada di dalamnya, apa khasiat dan efek sampingnya baik jangka pendek ataupun jangka panjang, serta informasi rinci lainnya? Rasanya jarang bahkan belum pernah kan? Nah, pelayanan seperti inilah yang dipelajari dalam prodi ini dan perlu diperbaiki oleh para lulusannya. Pada skala yang lebih besar, pelayanan kefarmasian juga dilakukan dengan penyusunan kebijakan pemerintah yang berpihak pada kepentingan pasien." (http://www.itb.ac.id/usm-itb/Prodi/108.htm)

gaul kaaaan? hahahaha makanya gue pengen :3 ya setidaknya ada hubungannya sama sosial, kan seru tuh kalo kita tuh bermanfaat buat orang, intinya sih itu haha. sebenernya semua pekerjaan pasti ada efeknya sama orang, tapi kalo ini kan kayak lo terjun langsung gitu aaa seru ya semoga :3

yaudah itu aja sih sebenernya cuap-cuap tentang farmasi dari anak 'ingusan' di TPB ITB, yang sedang menunggu keluarnya nilai di ol.akademik.itb.ac.id

okee sekian, dan CMIIW :))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alumni Back to NF 2013

alhamdulillah ya Allah :) akhirnya direstui juga sama Allah buat dateng ke smp tercinta, Nurul Fikri Boarding School ( NFBS ) Serang-Banten. Dari pas liburan emang udah di sms mary buat diminta kesediaannya dateng ke nf pada tanggal 26 Januari buat 'promosi universitas' lah istilahnya. yang kepikiran bukan promosinya sih, tapi ngebayangin dateng ke nf aja udah sesuatu banget, melihat nf jauh dari tempat tinggal apalagi tempat kuliah, dan akses ke nf nya juga cukup susah, jadinya dari jaman gue SMA aja ga dibolehin sama bunda dan ayah apalagi. tapi buat tanggal 26 ini alhamdulillah udah direstuin sama ayah sama bunda, dan ini udah maksa banget juga sih, bahkan sampai bela-belain gaikut makrab SF (yang akhirnya diundur juga) demi ke nf, soalnya kalau emang ga disempet-sempetin ga bakal sempet. akhirnya rencana kepergian mencapai 70% ya 30% nya rencana Allah. udah super ngompor-ngomporin temen-temen d'rouszth banget di group dan di twitter biar pada dateng juga, lumayan kan b

Batu Night Spectacular (BNS)

jadi pas kemaren gue ke malang, gue ke tempat ya kayak pasar malam gitu di malang, tepatnya sih di Batu, nah namanya itu BNS. disana ya cool banget, masuknya cuma 3 ribu rupiah tapi isinya kayak mini dufan gitu, walaupun tempatnya kecil banget tapi permainannya oke oke banget, ada yang kursi terbang, terus ada juga sepeda gitu tapi muter 360 derajat gitu -__-'', ada ice skating, cinema 4 dimensi, ada main laser-laser juga, ada go kart juga, terus ada taman lampion gitu tapi waktu gue kesana lagi rusak padahal udah niat banget mau foto di bawah miniatur eifel gitu yang keren banget gue liat di brosurnya haha. ya masuk ke tiap wahana nya emang bayar lagi sih tapi itu juga ga mahal-mahal banget, rata-rata sih 12 ribuan , terus ada pasarnya juga, ada juga food court yang keren gitu jadi di atapnya itu ada layar gede banget dan tiap 2 jam itu nampilin kayak ada penampilan gitu, di panggungnya juga muncul air mancur gitu keren deh kayak di GI gitu haha, pokoknya recommended banget de

Nostalgia SD- Operet Bawang Merah Bawang Putih

hahaha . hari ini gue lagi ber nostalgia ria nih di serpong. oke, tadi baru aja gue buka folder foto gue jaman sd. hhaa dan ada foto gue yang lagi nyanyi-nyanyi dengan pd nya berasa penyanyi panggung yang handal, serasa panggung itu adalah milik gue. tapi itu beneran, oh my god! kenapa gue bisa se-pd itu ya ? . haha jadi ceritanya, waktu gue sd kelas 6, di sd al-azhar BSD. ada acara "Audisi 2005, Seni Musik & Karawitan". sebenernya itu acara bukan pas akhir tahun gue di kelas 6 sd, tapi akhir semester 1 kalo nggak salah. nah, selain menampilkan seni musik dan karawitan, kita anak kelas 6 nampilin yang namanya drama musikal bawang merah bawang putih, menirukan pertunjukan operet bawang merah bawang putih tahun 2003 yang diperankan oleh orang-orang ternama yang kira-kira kilasan nya operet aslinya seperti ini : (taken from Tempo) "Dengan sikap santai itu, Anda akan segera ikut menikmati bertepuk tangan ketika gemuruh musik arahan Thoersi Argeswara itu mengiringi